Jumat, 02 Mei 2008

ALAM SEMESTA

Alam Semesta dalam Al-Quran

Surat Al-An’am

(1) الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ بِرَبِّهِم يَعْدِلُونَ
Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi,dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Rabb mereka.(QS.Al-An’am:1)

Kita membaca ayat ini saya jadi teringat akan tulisan Harun Yahya tentang Alam Semesta, dengan referansi tulisan tersebut kita akan betul-betul merasakan kehebatan Allah SWT yang sangat tidak layak dibandingkan dengan siapapun yang ada dialam semesta ini.

Didalam tatasurya kita, terdapat sembilan planet utama dengan 61 satelit dan sejumlah asteroid, semuanya mengelilingi sebutir bintang yang dinamakan "matahari". Matahari terletak di tengah Sistem Tata Suria.

Sembilan planet-planet ini, yang menjadi bagian dari Sistem Tata Surya kita, berputar sendiri sebagaimana mengelilingi matahari dalam bentuk yang tersusun. 9 planet itu antara lain : Venus, Zupiter, Bumi, Mars, Merkurius, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto.

Matahari adalah objek angkasa terbesar di dalam Sistem Surya ini. Matahari terdiri daripada gas-gas yang panas dan bercahaya. Setiap saat, terjadi letusan di permukaannya, seolah-olah matahari itu sendiri adalah sebutir bom nuklir. Letusan-letusan permukaan ini adalah sama dengan tenaga yang dihasilkan oleh berjuta bom atom. melontarkan api 40-50 kali lipat lebih besar daripada Bumi. Subahanallah... beberapa butir bom Atom saja bisa menghancurkan Nagasaki dan Heroshima.

Jika matahari tidak mengeluarkan cahaya dan panas, kita akan selalu berada pada waktu malam, dan seluruh dunia kita akan diliputi salju. Lebih penting, tidak akan ada hidupan di Bumi ini.

Matahari merupakan satu dari Trilyun-an bintang yang ada dialam semesta ini, bintang “Matahari” termasuk bintang yang kecil dibandingkan dengan bintang-bintang yang lainnya. Di alam semesta ini terdapat ribuan Galaxi, Galaxi yang terbesar terdapat Trilyun-an bintang, ukuran galaxi yang sedang terdapat kira-kira 200 ke 300 milyar bintang, sementara terdapat sekitar 100 milyar bintang di dalam galaksi kecil. Belum lagi ditambah setiap bintang memiliki Tata Surya sendiri. Subhanallah, layaklah Allah SWT Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan layaklah Allah swt menyombaongkan diri-Nya....

Dalam ukuran ini Matahari bagaikan debu, bumi bagaikan apa ya? Lalu kita seberapa?????????

لَوْ كَانَتِ الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِندَ اللهِ جَنَاحَ بَعْضَةٍ مَا سَقَى كَفِرًا مِنْهَا شَرْبَةَ مَاءٍ * رواه الترمذى
Seandainya dunia disisi Allah membandingi sayapnya nyamuk maka Allah tidak akan memberi minum pada orang Kafir sekali minuman sekalipun. (HR. Tirmidzi)

Bumi dibandingkan dengan material yang ada diangkasa mungkin lebih kecil dari ukuran bakteri / virus yang ada disekeliling kita, jadi terlalu besar jika dibandingkan dengan sepotong sayap nyamuk, seperti sabda Rasulullah SAW diatas.

Terjadinya siang dan malam merupakan sebuah ayat yang termasuk sangat luar biasa. Bumi berputar pada porosnya bagaikan gangsing, bagian bumi yang menghadap matahari menjadi terang yang membelakangi matahari menjadi malam. Selain itu bumi berputar pada orbitnya sebagai pusatnya adalah bintang “matahari”. Perputaran ini tidak hanya terjadi pada planet bumi tetapi juga planet yang ada dijagad ini.
Tidak hanya planet saja yang bergerak, galaksi-galaksi berukuran sederhana atau besar, terdapat satu pusat galaksi. Sekeliling pusat galaksi ini berputar pada kecepatan yang tinggi. Yang Maha Dasyat adalah material jagad yang begitu banyak dan semuanya bergerak tidak ada yang saling tabrakan, mereka berjalan pada jalurnya masing-masing. Subhanallah...

Keterangan diatas ini hanyalah sebagian kecil dari ayat-ayat Allah swt tentang penciptaan-Nya terhadap langit dan bumi.

Bersukurlah kita hidup dizaman yang sudah modern, dengan kecanggihan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) rahasia-rahasia yang terdapat didalam Al-Qur’an mulai terbuka. Sehingga untuk mengimani ayat-ayat Allah jauh lebih mudah dibandingkan orang-orang yang hidup dizaman Rasulullah.

Dengan kebesaran Ayat-ayat Allah inilah, Allah sangat-sangat tidak layak untuk dibandingkan dengan ciptaanya. Karena memang tidak ada satu pun di Alam semesta ini yang layak untuk dibandingkan dengan Allah. Allah swt sangat murka bila Allah swt disekutukan.

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa Syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (Syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.(QS.An-Nisaa’:48)

Tidak ada komentar: